Jenis - Jenis Selector Pada CSS

Sebelum membahas mengenai selector, ada baiknya kita mengetahui lebih dahulu Macam-macam penggunaan CSS.  Untuk dapat menggunakan css secara maksimal, tentunya harus tau jenis-jenis selector, berikut cara penggunaanya. Jenis selector seperti ini hanya berlaku untuk External dan Embedded style sheet.

» Selector bebas

Cara penggunaan selector bebas mirip seperti penggunaan tag di HTML, hanya saja selector menggunakan nama yang bisa kita atur sendiri sesuai keinginan. Bentuk umunya seperti ini :
<style type=”text/css”>
testing{ text-decoration: underline; color:green; }
</style>
Untuk dapat menggunakan style ini, dalam dokumen harus di tulis seperti ini :
<testing>Teks ini berwarna hijau dan bergaris bawah</testing>
» Selector dengan class

CSS memperbolehkan kita untuk memakai class, dimana didalam sebuah class kita dapat mengelompokkan elemen-elemen dan menerapkan aturan CSS didalamnya. Bingung dengan penjelasan ?. Sama, saya juga. Oke, biar ngga’ sama-sama bingung, langung liat contoh berikut :
<style type=”text/css”>
.toplink { text-align : right; }
</style>
Nah, berbeda dengan selector pertama, dalam dokumen penulisannya jadi seperti ini :
<h2 class=”toplink”>Class Heading 2 </h2>
Heading 2 ( h2 ) di dalam kode di atas bukan suatu harga mati, h2 bisa saja diganti dengan tag-tag lain sesuai keinginan. Tergantung tag mana yang akan di atur untuk menggunakan style toplink dalam css di atas.

» Selector id

Berikut ada namanya selector id. Kalau selector dengan class diawali dengan titik, selector id menggunakan tanda pagar. Contoh penulisannya seperti ini :
<style type=”text/css”>
#title { font-size: 10px; text-transform:uppercase; color: red; }
</style>
Penulisannya dalam dokumen tidak jauh berbeda dengan selector class. Hanya saja tulisana “class” kita ganti dengan “id”. Contoh :
<p id=”title”>Tulisan ini berukuran 10, kapital dan berwarna merah</p>

Comments

  1. gan bedanya dengan declarator dengan selektor apa ya? ane pernah baca buku kalau selektor itu untuk menampilkan dari apa yang sudah di deklarasikan (declarator) di style CSS nya.. CMIIW ..

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan Komentar jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan artikel kami, komentar yang anda submit tidak akan langsung muncul karena akan kami moderasi dulu.
silahkan tunggu komentar anda muncul dan balasan dari kami

Popular Posts