Mengembalikan file yang terkena virus di Flashdisk tanpa menggunakan Software

flashdisk / usb adalah penyimpanan eksternal yang paling banyak digunakan saat ini. selain karena mudah dibawa kemana-mana, flashdisk juga sudah memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup besar. tetapi masalah yang muncul adalah keamanan pada flashdisk itu sendiri. seperti yang kita tahu flashdisk sangat rentan terkena virus karena sering digunakan untuk memindahkan data dari berbagai komputer.

ketika flashdisk sudah terkena virus hal yang paling sering terjadi adalah data didalam flashdisk tersebut hilang. hal ini menjadi sangat menjengkelkan jika data yang hilang sangat penting.

sebenarnya ada cara untuk mengemballikkan data tersebut karena biasanya file itu cuma ke super hidden sehingga terlihat seperti hilang. berikut ini trik simpel untuk mengembalikkan lagi file/data yang terkena virus tersebut
Mengembalikan file yang terkena virus di Flashdisk tanpa menggunakan Software

ada dua cara yang dapat kita lakukan

pertama dengan mengatur untuk menampilkan file hidden pada folder atau tidak
berikut caranya

1. Buka windows explorer, trus pilih organize


2. klik Folder and search Options -->View --> Show Hidden Files, folder and drives .

tetapi cara diatas terkadang tidak berhasil memunculkan kembali data/file yang ke hidden. untuk itu kita dapat menggunakan perintah yang ada di command prompt berikut caranya


1.sambungkan flashdisk ke komputer, lihat flashdisk terbaca di drive apa.

disini kita ambil contoh kebacanya di drive E

2. sekarang klik Start ketik cmd lalu tekan enter maka akan muncul kotak cmd.

3. karena flashdisk terbaca di drive E maka kita harus pindah direktori ke E terlebih dahulu. cara untuk pindah tinggal ketik E: lalu enter


setelah itu ketik perintah berikut

        attrib -s -h /s /d *.*

Mengembalikan file yang terkena virus di flashdisk
4. terakhir tekan enter

maka data yang ke hidden atau hilang akibat virus akan muncul kembali.saran saya setelah muncul , simpan data ketempat yang aman lalu format flashdisk tersebut. 

Supaya tidak terkena virus lagi ada baiknya menginstall antivirus khusus flashdisk, jika anda bingung mau install antivirus yang mana bisa lihat disini
4 Antivirus Terbaik untuk USB/Flashdisk


note

jika ada pesan "error access denied" maka anda harus membuka cmd sebagai administrator (jika belum tahu bisa lihat disini)

Comments

  1. perintahnya sudah benar, tapi kenapa masih belum keluar data2 yang dihilangkan virus ??
    flashdisknya ada isinya tapi pas dibuka ga ada, udah dicoba munculin yang hidden tetep ga bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. flashdisknya udah di scan gan? scan dlu fd ama antivirus trus di bersihin dlu virusnya, nah abis itu baru ketik perintah di atas sob

      Delete
    2. makasih banget gan :D pertamax deh

      Delete
    3. Masih blom bisa juga.. udh di scan trus pake kedua cara diatas msh blm bisa? Gmn donk??

      Delete
    4. di cek dlu ukuran flashdisknya , kemungkinan datanya sudah terhapus

      Delete
    5. kasusnya sama nih. di properties FD nya masih terlihat ada data sebesar 2 gb dari 8gb kapasitas FD. pakai cara attrib dan scan virus pun masih belum solve. yang terlihat cuma folder system volume information.
      Saya coba ketik cuma command "attrib" nya saja, keterangan yg muncul : file not found *.*
      How to fix this problem?

      Delete
  2. thanks :'> maksih banget yaa infonyaa :D

    ReplyDelete
  3. kenapa katanya unable to change attribute bro :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. buka Command promptnya harus sebagai administrator dlu sob baru bisa

      Delete
  4. trim's gan infonya....bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah berjalan lancar triknya. Trimz Sangat bermanfaat. Maju truuuuuuz

    ReplyDelete
  6. kurang ngertiiii :( cmd nya ketik dimana min?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buka cmd dlu(bukanya sebagai administrator) , diliat flashdisk ke bacanya di mana?,
      klo biasa sih di E , Kalo di E kebacanya abis buka cmd ketik dulu perintah E: buat pindah ke drive E, abis itu baru ketik perintah diatas

      Delete
  7. Salam kenal ada yang bisa bantu saya??! Flashdisk saya Kenana virus atau apa??@## datanya hilang dan dalam Folder nya hanya ada file ber tandakan &serta icon laki laki dan kapasitasnya jadi lebih besar dari kapasitas flasdisknya. mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba scan dlu gan pake antivrus , klo udah untuk mengembalikan datanya bisa pake cara di atas

      Delete
  8. maaf mau tanya
    kan d flasdisk masknya "E"
    stelah d enter kluar tlisan gni ?
    is not recognized as an internal or external command ,
    operable program or batch file

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah perintah kayanya gan , ketik E: trus enter , klo masih ga bisa buka dlu cmdnya sebagai administrator.

      Delete
    2. kasus saya sama gan, tapi ttp hasilny sama. kembali tulisan is not recognized as an internal or external command ,
      operable program or batch file

      Delete
    3. sistem nya ada yang bermasalh mba kayanya , coba restart dlu klo msih ga bisa coba cara ini

      buka
      Control Panel >System >Advanced >Environment Variables >System Variables >cari Path pilih Edit >masukin path ini ke yang paling depan
      C:\WINDOWS\system32; , klo udah ada path lain jangan di hapus tambahin ajah didepannya

      Delete
    4. Sudah dicoba dan tetep gabisa :( saya ws 8 ada bermasalah gak ?

      Delete
    5. pesan gabisanya apa ? ga masalah ko win 8 juga, sama ajh

      Delete
  9. thanks gan, ane udah bisa alhamdulillah flashdisk ane udah sehat kembali. thanks sekali lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gan sama2, gua cuman sharing informasi

      Delete
  10. file not found gan.. gk bisa nih gmana cara mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu berarti data di fd udah kosong gan, jadi muncul pesan file not found

      Delete
  11. punya saya koq file not found ya hasil akhirnya.. :(, udah pakai administrator juga... help me please

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah itu fdnya udah kosong , udah ga ada datanya lagi mba

      Delete
  12. klo betulin kompi yg bikin hilang data di flaskdisk gimana solusinya? anti virus apa yg cocok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. solusi terbaik install antivirus sob, pake antivirus apa ajh bisa , tapi rekomendasi saya pake AVG 2014 karna ringan atau kalau mau bner2 aman pake MSE dari microsoft langsung

      Delete
  13. gan klo gini gimana? solusinya dong, " 'attrib' is not recognized as an internal or external command operable program or batch file. " gmana gan itu :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. sistem nya ada yang bermasalh gan , coba restart dlu klo msih ga bisa coba cara ini

      buka
      Control Panel >System >Advanced >Environment Variables >System Variables >cari Path pilih Edit >masukin path ini ke yang paling depan
      C:\WINDOWS\system32; , klo udah ada path lain jangan di hapus tambahin ajah didepannya

      Delete
  14. gan punya ane kok gk bisa ya ada tulisan " unable to change attribute - I:\tes\con" cmd nya udah saya admin masi gk bisa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh liat screenshoot errornya sob? krim ke email ane ajah

      Delete
  15. kalo udah ngelakuin cara diatas terus gimana ? hasilnya juga udah keluar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ambil data yng penting , trus format ajah fd nya mba

      Delete
  16. thank sob....?
    hampir saya format ni flashdisk
    trik nya sng berguna sob....
    thanks
    :)

    ReplyDelete
  17. THANK Soobbb,,, udah kembali semua data saya

    ReplyDelete
  18. Ass Wr Wb.
    Gimna hilangin virus script document.vbe

    setiap copy file ke flash disk, filenya jadi shorcut mulu, melalui cmd tidak bisa, dan di propertie filenya tidak bisa di uncheck listnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang kena virus flashdisk atau komputernya? klo fd yang kena di format ajah sob, tapi klo komputer yang kena coba pake antivirus dlu

      Delete
  19. gan ini malah kek gini :
    file not found *.*
    itu gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pesan itu muncul kalau di flashdisk ga ada daanya lagi mba , jadi fd nya kosong

      Delete
  20. bro gw dpt kendala itemnya hidden terus write protected. gimn ya itu jadinya? mau diganti attrb kena write protected

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba sob di scan dulu fd pake antivirus , mungkin kena virus yang ga ngasih ijin buat munculin file hidden

      Delete
  21. bro kalau mau nge admin in laptop nya gmana bro? ini soalnya personal jadi tetap ga bisa ngembaliin file

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo masuk laptop sebagai admin bisa diatur disni sob

      Control Panel\User Accounts and Family Safety\User Accounts

      tapi klo mau buka cmd nya sebagai admin bisa liat disini caranya
      http://it-jurnal.com/2013/01/cara-masuk-cmd-sebagai-administrator.html

      Delete
  22. gan punya saya koq gk bisa ya ada tulisan " unable to change attribute - I:\autorun.infI\con"...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. blom pernah nglamin sih gan , coba pake beberapa cara ini
      1. masuk sebagai admin
      2. scan flashdisk pake antivirus
      3.Control Panel >System >Advanced >Environment Variables >System Variables >cari Path pilih Edit >masukin path ini ke yang paling depan
      C:\WINDOWS\system32; , klo udah ada path lain jangan di hapus tambahin ajah didepannya

      Delete
  23. Halo, saya mao nanya.. ketika saya sdg bekerja, tiba2 flashdisk saya tdk berfungsi dan saya cabut, ketika saya colok kembali, flashdisk tersebut menjadi untitled yg awalnya di beri nama..
    Dan folder di dalam smua menjadi seperti kertas putih ketika kita mensave web homepage dr internet, dan namanya menjadi @@@,>>>,dll..

    Jd saya membawanya ke toko komputer, dan stlh di perbaiki, data smua ada.. akan tetapi yg bs di buka hny sebagian saja..

    Dan data yg penting yg isinya microsoft excel smua tdk dpt di buka kembali..
    Folder yg awalnya A-Z brbh nama menjadi FIL0.MOF sampai FIL47.MOF

    Laptop yg saya gunakan adalah laptop apple, jd bingung utkbmengotak atik laptop tersebut..

    Apakah ada cara lain utk mengembalikan data penting tersebut? Thankz

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin pertama coba pake komputer lain (windows), trus pake cara diatas . klo ga bisa juga kemungkinan flashdisk yang rusak (berdasarkan pengalaman teman)

      Delete
  24. enak nih bisa gratis anti virus
    thank ya....

    ReplyDelete
  25. Thanks for the info! It works really well xD

    ReplyDelete
  26. Sudah kami ikuti prosedurnya sampai akhir, tetapi setelah di enter terakhir muncul kalimat 'does not exist'. Trus bgm solusinya ? Trmksh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu berarti data di flashdisk udah ga ada , mungkin udah pernah di format?
      solusinya bisa di recover dulu data yang udah ke hapus , caranya bisa liat disini http://www.it-jurnal.com/2014/03/Cara-Mengembalikan-File-yang-Kehapus-Format.html

      Delete
  27. malam gan. numpang tanya, kalo file di flashdisk tidak bisa dicopy dilaptop itu solusinya gimana ya? File di FD bisa dibuka dan FD bisa menerima file, tapi ya itu masalahnya, Dicopy dan dihapus tidak bisa. mohon bantuannya gan.. thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf gan agak lama balasnya , saya sudah pernah kasih tutorialnya gan bisa liat disini http://www.it-jurnal.com/2014/06/cara-menghilangkan-write-protected-pada-flashdisk.html semoga membantu

      Delete
  28. mantabssss gan... tadi fd teman saya mengalami hal ini... terus nemu deh blog agan...
    thank's

    ReplyDelete
  29. gan ko setelah saya ikutin semua langkah di atas masih ga bisa trus ga muncul tulisan apapun

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kna virus apa sob? terus coba di liat ukuran flashdisknya ada datanya ga? kalau ga keluar apa2 biasanya datanya udah ga ada

      Delete
  30. Ane udh 50% berhasil pake cara kek gini gan, FD gw udh gk corupt & foldernya udh muncul lagi. cuma yg jadi masalah datanya tuh file CHK semua & tetep gk bisa kebuka. gimana solusinya gan? makasih sebelumnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kena virus CHK sob, klo ane waktu itu pake software lagi namanya UNCHK , google ajah, tapi sebelum di jalanin aplikasinya jangan lupa backup dlu file di flashdisknya, takut gagal

      Delete
  31. Thanks Sob Atas Infonya Sekarang File Di Flashdisk Saya Kembali muncul Lagi Thanks Ya

    #Laranganpunya.info

    ReplyDelete
  32. terima kasih Gan,. sangat membantu

    ReplyDelete
  33. berguna bnget....mkasi makasii

    ReplyDelete
  34. berhasil Mas dan sangat membantu. terimakasih banyak, semoga sukses selalu.

    ReplyDelete
  35. Udh di scan trus ngikutin perintah di atas malah gk muncul" datanya gan. pdahal isinya munculnya 2 GB

    ReplyDelete
  36. saya udh scan dan ngikut dia atas, tapi tetap datanya gk kluar, pdadahal di propetis muncul isinya 2GB, gmn tu gan?

    ReplyDelete
  37. terimakasih atas info nya .. sangat membantu :)

    ReplyDelete
  38. gan letak windows explorer dimana?
    saya pake windows xp.

    ReplyDelete
  39. maksasih gan , berhasil !!!!

    ReplyDelete
  40. berhasil gan... terima kasih bro.

    ReplyDelete
  41. data saya masih FOUND.000 gmn dong ya? plis bantuin kak...

    ReplyDelete
  42. Dibawah muncul tulisn found.000 corrupt gimana tu???

    ReplyDelete
  43. thx gan flashdisk ane udh sehat gan.

    ReplyDelete
  44. mau tanyaa
    jadi saya udah scan fd saya pake Avast hasilnya no threat found
    trs saya lakuin perintah diatas.. trs yg tdnya hidden jd unhidden tp ttp aja file2 nya gabalik.. kalo kayagitu gimana ya biar balik lagi... mohon penjelasannya thx

    ReplyDelete
  45. Saya sudah coba tapi ndak bisa, akhirnya saya format ulang lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lucky Computer Solution

      Kami adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa service dan maintenance komputer dengan tim professional dan terpercaya.

      Lucky Computer Solution dengan tim teknisi komputer berpengalaman dan professional siap membantu anda mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat komputer anda dengan layanan service komputer panggilan. Layanan service komputer panggilan yaitu dengan sistem pengerjaan langsung hingga selesai di rumah, kantor dan warnet anda berada.

      Pastikan anda selalu menggunakan jasa Lucky Computer Solution.

      Masalah apa saja yang bisa di tangani tim teknisi kami ?

      1. Komputer mati total
      2. Komputer sering Hang
      3. Komputer lambat
      4. Terkena virus
      5. Install program
      6. Install ulang Operasi sistem Windows
      7. Pemasangan jaringan
      8. dll
      Bagaimana dengan biayanya ?

      Jangan khawatir dengan biaya, karna Lucky Computer Solution memberikan harga yang begitu murah, dan terjangkau
      1. Service ( Pembersihan seluruh komponen komputer, Penggantian Pasta Procesor ) Rp 75.000
      2. Instalasi ulang ( Windows, MC Office, Corel, PhotoShop, Mozilla, DLL ) Rp 75.000
      3. Paket Service dan Instal Ulang Cuma Rp 100.000
      Bagaimana cara booking service komputer panggilan teknisi Lucky Computer Solution ?
      Ketika terjadi trouble atau kerusakan pada perangkat komputer anda, anda bisa langsung hubungi call service kami di : 081-220-769-974 atau Pin BB 25CB7BAF dan buatlah perjanjian penanganan komputer anda untuk kunjungan ke rumah atau kantor anda dan kami pastikan tim teknisi kami akan segera datang ke rumah, kantor atau warnet anda . ( LCS hanya melayani Area Bandung, Cimahi, Sumedang. Diluar kota Bandung dikenakan biaya bensin )

      Delete
  46. assalamualaikum mas,terimaksih ilmunya

    ReplyDelete
  47. terima kasih atas informasinya, sangat membantu.

    ReplyDelete
  48. thank's ya atas informasinya
    :)

    ReplyDelete
  49. gan, saya sudah mengikuti cara yg agan kasih dan berhasil tp saya bingung, kan file yg ke hidden sudah unhidden nah terus saya sudah copy filenya ke folder yg saya buat di data terus flashdisknya saya format gitu? terus kalo sudah di format masukin data yg saya sudah copy td ke dalam flashdisknya lagi? kalo tidak saya format dan copy bagaimana? jadi saya biarkan begitu saja kan filenya sudah unhidden..tlg di balas yaa secepetnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah gamasalh sih klo ga di format juga, jadi cuman jaga2 ajah supay virusnya ke hapus semuanya

      Delete
  50. gan,uda saya scan ttp aja datanya tidak ada,hitu kenak firus seperti bukan k hiden tati hilang...

    ReplyDelete
  51. Kalau ane sendiri gan muncul kata "path not found" itu kenapa yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin flashdisknya bukan di drive E;/, coba dilihat di my computer. flashdisknya ada di drive apa.

      Delete
  52. mohon bantuannya gan.
    saya buka flashdisk saya, terus ada pemberitahuannya:
    data is not accessible, the file or directory is corrupted and unreadable.
    cara buka nya gimana ya?
    waktu saya liat di properties data nya 0 byte.

    mohon bantuan nya gan.
    teriakasih.

    ReplyDelete
  53. gan data diflasdisk ane g biisa dibuka, kalo dibuka ada pemberitahuan begini:
    data is not accessible, the file or directory is corrupted and unreadable.

    gimana ya gan cara buka dan membaca file nya?
    mohon saran dan bantuannya.
    terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, kalo itu datanya sudah rusak / korup. setahu saya datanya udah ga bisa diselametin lagi. Soalnya kalo data korup belum tentu dari virus, bisa jadi saat proses read/write dari FD koneksinya putus tiba-tiba.

      Delete
  54. gan file ku gakbisa di buka, kalo di buka yang muncul ini, excel cannot open the file '111.Book 2015- apr 32.xlsx' because the format or file extension is not valid. verify that the file has not been corrupted and that the file extension matches the format of the" saya sudah coba dengan cara yang di atas tpi ga bisa malah tulisan ini yang keluar " is not recoqnized as an internal or external command operable proqram or batch file,,minta solusi nya gan.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertama scan dlu pake antivirus , klo datanya ilang atau ke hide baru pake cara diatas gan, nah untuk maslah is not recoqnized as an internal or external command operable proqram or batch file, itu karna ada yang error ama cmd nya gan, coba searching di google cara cmd supaya ga gitu, kebetulan saya belum nulis caranya

      Delete
  55. Fileq kemakan virus.....3gb foto keringkas jadi satu file yg bentuknya kaya shortcut itu gan dan gak bisa di buka caranya gimana gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. di scan ajah pake antivirus dlu mas, klo data nya ilang abis di scan , bisa pake cara d atas

      Delete
  56. cara ngepindah direktori dari c ke E gimana caranya??

    ReplyDelete
  57. Thanks gaaan atas infonya sangat bermanfaaat ;)

    ReplyDelete
  58. Mas. Bantuin saya dong. Ini FD ane tiba2 data nya ilang kayak nya kena virus. Ada Nomor yang bisa di hub Mas?

    ReplyDelete
  59. mas sudah dipindah tapi datadatanya jadi aneh tulisannya dan file ga bisa dibuka, knapa itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di scan ama antivirus blom mba? yang namanya aneh itu bukan file mba tapi virusnya, hapus ajahh

      Delete
  60. jossss... berhasil ampuh ternyata,,
    terimakasih bos

    ReplyDelete
  61. Mas, kalo tulisannya the target of the symbolic link F; does not exist , gmana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu jangan pake titik koma gan tapi pake titik dua

      Delete
  62. Gan file nya udah kebuka tapi ga bisa di pindahin. Knp ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di scan dlu gan, mungkin masih ada virus yang ngebut ga bisa di pindahin

      Delete
  63. Work gan. Tanpa scan flash. Yang penting typing@ benar di cmd.
    Thanks gan. sangat membantu

    ReplyDelete
  64. OMG!!!Thanks banget, sangat membantu, data skripsiq kembali :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah , senang bisa bermanfaat artikelnya, apalagi bisa nyelamatin data skripsi, sukses sidangnya

      Delete
  65. makasiihhh makasiihhh makaasiihhh :D :*

    ReplyDelete
  66. Replies
    1. sama2 gannnn , klo bisa sharing ke orang lain yang kena maslah sama

      Delete
  67. gan. fashdisc ane gak bisa dibuka. pas dibuka cuma muncul shortcut. dilihat space discnya masi berisi file. tu gmana solusinya gan. mohon bantuan. thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikutin cara diatas gan, abis pake perintah yang attrib -s -h /s /d, file aslinnya bakaln muncul, nah yang shortcutnya hapus ajah

      Delete
  68. Makasih ya gan infonya beguna banget.

    ReplyDelete
  69. terima kasih,sangat bermanfaat gan

    ReplyDelete
  70. mantabb gan berhasil..thanks broo

    ReplyDelete
  71. Gan tulisan yg diawal path sy hapus malahan sy ganti C:\windows\system32; sy salah ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tulisan di awal path itu alamat lokasi buat ngembaliin file yang ilang gara2 virus, jadi misal di flashdisk ilang flenya nah biasanya kan fd itu masuk ke drive E jadi diganti dlu ke drive E baru lakuin perintahnya

      Delete

  72. Makasih banyak mas brow...hehe

    ReplyDelete
  73. Makasih banyak, gan. sangat membantu :D

    ReplyDelete
  74. Alhamdulillah berhasil, terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyoo sama2 semuanya , share juga ke yang lain

      Delete
  75. jika ada tulisan "file not found" di cmd nya itu arti nya apa gan ?
    padahal jika saya liat di kapasitas nya masih ada

    ReplyDelete
  76. makasih banyak gan ini ngebantu banget langsung bisa ke detect yang hilang file sama foldernya

    ReplyDelete
  77. mas, udah saya coba cara di atas tapi yang tertulis " 'attrib' is not recognized...".Itu kenapa? Data di fd saya gak ada tapi total size-nya masih sama seperti sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sistem nya ada yang bermasalh mba kayanya , coba restart dlu klo msih ga bisa coba cara ini

      buka
      Control Panel >System >Advanced >Environment Variables >System Variables >cari Path pilih Edit >masukin path ini ke yang paling depan
      C:\WINDOWS\system32; , klo udah ada path lain jangan di hapus tambahin ajah didepannya

      Delete
    2. atau lebih lengkapnya bisa liat cara disini http://www.it-jurnal.com/2015/07/cara-memperbaiki-not-recognized-as-an-internal-or-external-command-di-windows.html

      Delete
  78. Sip dah bro,, ane biasanya pakai scan dan tampilin file hidden aja,,
    thanks

    ReplyDelete
  79. Terimakasih mas effendi sudah berhasil, data flashdisk saya kembali seperti semula

    ReplyDelete
  80. Gan saya udah cobain, tp gaada respon kosong stlh di enter trs pas sy cek fd kan sizenya msh penuh gan pas dibuka gaada dokumen apa apa, itu gmn? Sy krg ngerti

    ReplyDelete
  81. Mas yg saya gabisa ih udah di enter gaada respon apa apa

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang ga ada respon apa2 di cmd, tapi file yang ada di fd itu udah kembali

      Delete
  82. Gan. Makasih banget ya. Padahal tadi aku udah putus asa banget..
    Maju terus gan ...

    ReplyDelete
  83. oke makasih bgt gan infonya.

    @ririn

    ReplyDelete
  84. Gan.. kalo nama file ko jadi ada vvv nya kenapa ya?

    ReplyDelete
  85. plis bantu.. aku udah ulang cara itu berkali2, udah di scan pake anti virus, udah di unhide dari windows nya, tetep gak bisa.. used space nya masih ada.. itu gimana?? huhuhuhu :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake yang dari cmd gmana mba? sudah di coba juga?

      Delete
  86. Wah berhasil, terima kasih informasinya sob...

    ReplyDelete
  87. Terima kasih, Alhamdulillah sudah bisa terbaca file di Flashdisk saya.

    ReplyDelete
  88. gan , gimana cara mengatasi virus .vvv, dari laptop ane.. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vvv itu file asli nya di encrypt, jadi jangan harap bisa kembali file nya kecuali anda rela merogoh kocek $500 buat si pembuat virus

      Delete
  89. Hampir pingsan stlah tau data tugas kampus lenyap , tp pas nyoba cara ini ga sampe semenit balik lagi . thanx banget ya gan sarannya :D

    ReplyDelete
  90. ok. you are best. di tunggu postingan brikut nya ya gan

    ReplyDelete
  91. terimakasih data file saya sudah kembali tapi file yang berisi foto ko ga bisa kembali tulisannya found.000 mohon bantuannya terimakasih

    ReplyDelete
  92. Gan :3 perintah udah ane jalanin, tp ad tulisan file not found.. Gmn :3 ? Pdhl memori 8gb yg free cuman 200mb

    ReplyDelete
  93. Thx bro sangat membantu ^^

    ReplyDelete
  94. Terimakasih gan infonya
    berguna sekali...
    mantabz...

    ReplyDelete
  95. Gan mau nanya nih. File yg di memory card kamera saya tiba2 ilang gan pas saya masukin ke laptop. Tapi space di propertiesnya masih ada gtu. Pas saya buka memordcard saya. Foldernya bertuliskan kode kode gtu dan kalo di buka gak bisa. Itu bagaimana gan cara memulihkan foto2 yg ke hide. Karena saya scan pake antivirus tetep gak kebaca. Mhon bantuannya

    ReplyDelete
  96. Gan mau nanya nih. Memory card kamera ane pas di masukin ke laptop tiba2 file nya ilang semua. Tapi space di properties nya masih ada gan. Gmna cari balikin data ake memorycard kamera gan? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  97. Pake smadav aja bisa, gampang

    ReplyDelete
  98. makasih gan sangat membantu.. (y)

    ReplyDelete
  99. sangat membantu gan hatur tenkyu lah... (y)

    ReplyDelete
  100. Joss gandosss salam ari jogja

    ReplyDelete
  101. Mo nnya nie pas sya msukin fd ada virus terdeteksi trus sy hpus abis it sy bka fd.ny tp folder foto.nya ilang sndri, itu gmna yaa? Thnks

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan Komentar jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan artikel kami, komentar yang anda submit tidak akan langsung muncul karena akan kami moderasi dulu.
silahkan tunggu komentar anda muncul dan balasan dari kami

Popular Posts