Cara Membersihkan file .docx/.doc menjadi .exe

     Beberapa hari yang lalu teman saya (sebut saja "Bunga") pernah mengalami kejadian dimana pada saat itu file – file dokumen dia yang berformat doc berubah menjadi .exe dan saya terkejut lalu saya check, ternyata tidak bisa dibuka. Dan virus ini diberi nama Virus "MOW" ketika di scan melalui Smadav, lalu jika di scan melalui PCMAV Virus ini diberi nama "sality/m.variant", namun bila di scan melalui Eset Virus ini di beri nama "Win32/VB.NAX", biasanya sumber virus ini berasal dari file dokumen – dokumen yang Anda download dari Internet seperti ; Modul, file email, dan lain sebagainya.



    Virus ini akan beraksi dengan cara menginfeksi file induk Microsoft Office Word yakni WINWORD.EXE yang terletak di C:\Windows. Dan kalau Anda scan menggunakan Antivirus biasa seperti; Mcafee, AVG, Eset, Smadav maka Antivirus akan langsung menghapus file dokumen Anda yang terinfeksi dan dokumen Anda pun pasti hilang.Untuk Menanganinya virus tersebut saya sudah siapkan Anda aplikasi sederhana yang saya peroleh dari paman saya yaitu Uncle Google dan nama aplikasi itu ialah EsetCleaner... 

      Lalu bagaimana cara menggunakannya? perhatikan dan ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1.   Anda acukup membuka cmd, dengan cara Windows+R (Run) lalu ketik cmd, lalu Drag eset 
      cleanernya yg anda download tadi ke dalam cmd, beri spasi 1x setelah tulisan "esetcleaner.exe" 
      pada cmd.
2.   Lalu, Drag lagi Lokasi file atau folder yang terinfeksi tersebut ke dalam cmd. Misalnya:
       "F:\Kampus\Tugas\Networking" (bila menscan folder)
3.   Tekan "ENTER", tunggu prosesnya dan lihat hasilnya.

       File document yang terinfeksi akan memisahkan dirinya antara virus dan file aslinya. File yang bervirus extensinya akan bernama .exe. Didelete aja.Sisanya tinggal file yang sudah bersih yang berextensi sebagaimana mestinya. Jangan lupa, bila sudah di deleted virus yang .exe, file asli anda masih di hidden, unhide dulu file anda, dengan cara:
Folder Option >>  View  >>  Checklist Show Hidden files, folders and drives  >>  klik Oke

     Lalu anda lihat kembali, apakah file anda sudah terUnhide? bila sudah, klik kanan pada file anda yang terhide tadi, lalu klik properties, lalu ada pilihan di paling bawah, unchecklist Hidden, lalu klik Apply lalu klik Oke


       Jeennggjjjeeeeeeeenngg,.. File tersebut sudah dapat anda gunakan kembali sebagai mana mestinya. Selamat mencoba.

Download Eset Cleaner : Size (112.74kb)  Disini
Password                        :  it-jurnal

Comments

  1. gan saya mau kasih masukan ya, nama samarannya jangan bunga dong nanti kasihan yang memiliki nama asli ini :v

    ReplyDelete
  2. Wah dulu saya juga pernah ngalamin tuh mas, karena saya mah gak sabaran dan gak cari solusi terlebih dulu akhirnya saya langusng format ulang aja kompienya, ternyata bisa dikembaliin seperti semula lagi ya pake Eset Cleaner, baru tahu saya mah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sayang benget kalau langng format, data ilang semua gan

      Delete
  3. ajib mas, bermanfaat banget ni informasinya..
    virus-virus yang begini yang kadang membuat beberapa pekerjaan menjadi terganggu :)

    ReplyDelete
  4. waahhh kalo tips ni saya baru tau sobb kereennn virus memang menjengkelkan kadang datanya langsung saya hapus karena tidak tahu cara mengembalikannya :v

    ReplyDelete
  5. makasih banyak gan informasinya, sbermanfaat banget postinganya.
    (y) (y)

    ReplyDelete
  6. tapi saya menanyakan cara merubah file Word (DOC) menjadi File Installer (EXE) Gimana gan ?? saya baru download MySQL, tp dalam bentuk Word, tp disitu Tags ny "Installer". saya buka, malah aneh word ny isiny huruf yg aneh. gmana cara merubahny ke exe. trims

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan Komentar jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan artikel kami, komentar yang anda submit tidak akan langsung muncul karena akan kami moderasi dulu.
silahkan tunggu komentar anda muncul dan balasan dari kami

Popular Posts