Tutorial Cara Memperbaiki Power Bank Rusak

It-Jurnal.Com - Cara Memperbaiki Power Bank Rusak - Power Bank adalah pengisi daya gadget saat kita sedang berada diluar dan jauh dari sumber listrik. Fungsi power bank dapat disebut juga sebagai penyimpan daya atau dapat dianalogikan sebagai batrei cadangan, namun untuk penggunannya kita tidak perlu mencopot batrei handphone, kita cukup menacapkan kabel seperti saat kita men-charger menggunakan charger biasa.

Power bank memang khusus dibuat untuk orang-orang lapangan yang jarang masuk ruangan, dan orang yang sering dalam perjalanan. Benda mungil itu memiliki bermacam-macam kapasitas daya mulai dari ribuan mAh sampai puluhan ribu mAh.

Untuk penggunaan power bank sendiri cukup mudah. Untuk pengisian cukup dilakukan seperti saat kita men-charge handphone biasa. Setelah penuh power bank dapat digunakan. Pemasangannya juga hanya seperti saat kita men-charge handphone biasa. Untuk lama tidaknya sebuah power bank dapat digunakan tergantung dari daya yang dapat disimpan dari power bank tersebut(biasanya dalam ukuran mAh). Baca Cara Merawat Power Bank
Nah bagaimana jika power bank anda rusak ? lampu power bank tidak menyala ? Lampu Power Bank Berhenti Berkedip ? Power Bank Tidak mau di Carger ?  atau memang Power Bank Anda Terendam Air ? berikut adalah tutorial dari It-Jurnal.com cara mudah memperbaiki masalah pada power bank anda. simak berikut ini :




langkah pertama yang harus anda lakukan adalah, buka seluruh power bank.Untuk dapat membuka Chasing PowerBank, dapat menggunakan Minyak Kayu putih untuk mematikan rekatan lem yang ada pada sisi-sisi chasing,oleskan secara merata, namun tidak sampai banjir atau berlebihan.setelah itu bantu congkel celah sisi chasing dengan obeng minus kecil.

 Isinya seperti gambar di bawah ini :


 Lihat beberapa tembaga yang terhubung dari perangkat PBC apakah ada yg terputus ? jika anda silahkan tempatkan pada posisi semula dan silahkan anda sodier menggunakan aluminium.


Dan berikut ini adalah Controlnya PBC :




 Menggunakan 2 buah Batrey Charger dengan tipe LR1865SE,tegangan 5volt, bahan Lithium Ion, maksimal amper charging : 2200mA.

Keterangan : jika Power bank anda terendam air. maka anda harus membersikan dan mengerikan isi PBC dengan alat bantu,seperti pengiring rambut,pompa angin,kipas angin,dll. jemur sampai kering. lalu pasang kembali.

contoh Batre Power Bank

 Troubelshooting kerusakan PowerBank tidak bisa mengisi handphone adalah :

switch ON/OFF berupa Transistor untuk output ke soket USB rusak daya Batre tidak cukup (5V) sehingga tidak bisa di gunakan charging HP,akibat Sumber arus pengisi batre rusak/Putus, atau akibat IC control level batre tidak berfungsi.

Cara memperbaikinya :

  • cek kabel mungkin ada yang terputus
  • cek kabel yang masuk ke dalam kepala carger Hp kebanyakan longgar karena sering di cabut
  • buka power bank menggunakan obeng kusus,perangkat PBC mungkin terbakar
  • cek pembengkakan pada batre dalamnya dan ganti dengan batrai yg baru
Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda di bawah ini.semoga artikel cara memperbaiki power bank ini dapat bermanfaat bagi anda semua.

Comments

  1. powerbank saya kok ga' mau ngisi ya, lampu indikatornya ga'mau kedip2. kalau dicas semua lampu nyala dan kalau dicopot ternyata lampu yg nyala tetap sama pd saat pengecasan awal. (ga'mau dicas) mksh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada beberapa kemungkinana mba , tapi biasanya klo gitu port buat charge ke powerbank rusak atau longgar , klo longgar coba di buka terus kencengin lagi

      Delete
    2. Cara ngencengin nya bagaimana

      Delete
  2. power bank saya ukurannya 25000 mAh, tapi ko cuma bisa charg 1x aja, itu kira2 kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan power bank nya ga punya kapasitas sebesar itu mba, bisa jadi rusak atau palsu

      Delete
    2. coba di bongkar, kemungkinan baterai yg konek ke pcb nya cm 1pcs aja. yg lain kemungkinan baterai palsu. seperti yg saya bongkar...

      Delete
  3. mas pb saya gk bisa ngecarge hp, setelah saya buka transistor output pecah output nya gak sampek 5V mas,. trusk waktu di carge juga gk mau nambah dayanya. mohon bimbingan gan :) kabari lewat email juga boleh royparawali@gmail.com, saya tunggu trimakasih

    ReplyDelete
  4. maaf.. saya mau bertanya, pb saya bocor, dan saat itu gk sengaja kebanting jatuh kebawah dan isinya langsung habis. itu gmn y?

    ReplyDelete
  5. bisa servis pb gk ganti outputnya
    hub ane 02194471948 / 085695359032

    ReplyDelete
  6. powe bank saya konektor rusak , apakah bisa di ganti ??

    ReplyDelete
  7. Ini sy bntu jwb..
    https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=10204558649141104&id=1079948015&fs=0
    Semoga membantu

    ReplyDelete
  8. Gan jadi powerbank saya keluar asepnya dari outputnya. Waktu saya charger semua lampu nyala . Dan pas colokin ke hp malah mati semua lampunya

    ReplyDelete
  9. Kalau pb sayA Mati enggak mau hidup gmna, waktu itu saya cas cmn ada kontak pada saluran listrik kantor saya karna kesambar petir

    ReplyDelete
  10. Klo batry msh bagus mendin beli modul charger + output byk jual di pasaran kok..
    *khusus yg kreatif suka bongkar"

    ReplyDelete
  11. Kalaw powerbank nya mati karna udah habis total gimna??
    Tpi waktu di isi, dia gk ngecas

    ReplyDelete
  12. saya bikin power bank sendiri dr baterai lithium. pake modul yg dijual dipasaran. tapi kenapa bisa dipake untuk mencharge hape tertentu ya, seperti hape xperia miro bisa, tp untuk xperia M g bisa. kira2 kenapa ya?

    ReplyDelete
  13. Bang sy beli pb baru,bisa ngecas tapi gak bisa buat ngecas ,penyebab kerusakannya apa bang ?

    ReplyDelete
  14. Bang sy beli power bank baru,bisa ngecas tapi gak bisa buat ngecas,kerusakan apa bang,mohon infonya

    ReplyDelete
  15. Pb saya kalo dicharger gapenuh penuh. Tp lampu indikatornya kedap kedip trus. Itu knp ya ka?

    ReplyDelete
  16. Pb saya dicas bisa, tapi pas dicas ke hp kok kga bisa ya gan.. Kira2 apaan yg rusan ya gan???

    ReplyDelete
  17. Gan, pb saya dicas bisa cuman pas dicas ke hp kok kga bisa ya gan???? Kira2 kenapa ya?? Kalo diservis kena berapaan?

    ReplyDelete
  18. Gan, kalo PB saya udh full di carger tapi pas nge carger HP malah mati. Pas PB di Carger malah masih full. Kenapa yah ??

    ReplyDelete
  19. Saya mau tanya donk ..
    waktu itu saya mengecas PB saya & saya tunggu sambil nonton TV pd saat itu Lampu pengisiannya masih Hidup .
    udah kurang lebih 2 jam tb" Lampu pengisiannya Mati dan gk bisa dicas kembali . dan aku udah coba Beberapa Cas PB teman saya . masih saja nggk bisa .
    itu kenapa ya ?

    please respon .
    thanks

    ReplyDelete
  20. Tanya om,
    Colokan PowerBank untuk ke stop kontak (untuk isi ulang daya Power Bank) bisa gak ya diganti dengan charger HP atau colokan biasa yang koneksinya usb?
    atau harus spek khusus?
    Terima kasih

    ReplyDelete
  21. Gan mau tanya, pb saya klo kdtek dhp tapi ga ngisi, tpi klo pbny smbil dcharger ngisi. awalny lampu terusny gak bsa mati. Sya pakai pb samsung 36000mah bru bbrapa kli dpakai stelah beli , baikny hrus bgaimana?

    ReplyDelete
  22. Permisi gan,ane mau tanya àne punya power bank merk samsung dgn kapasitas 98000mah. Setiap ane isi full power bank knp cuma sebentar aja penggunaanya/hanya bs1x ngecas ke tab samsung ane, padahal kapasitas battrey samsung tab cuma 2600mah

    ReplyDelete
  23. Gan klo konektornya rusak apanya ya yg rusak?

    ReplyDelete
  24. Saya mau tanya dong kan pb saya ukuran 25000mah terus tadinya kan abis total terus saya cas biasanya kan kalo abis total di casnya dari lampu led 1 ke 2,3,4,itu cuma di cas 5 menit lampu lednya tiba tiba penuh terus kalo di cabut casannya saya idupin pbnya ga nyala saya coba lagi begitu juga itu apanya itu apanya ya yg rusak?pliss responnn

    ReplyDelete
  25. jawabnya ngga bikn solusi cuma ganti beli baru

    ReplyDelete
  26. Mau tanya harga sama alatnya power bank dimana ya kalo beli ,,,harganya berapa trim

    ReplyDelete
  27. Om pb saya gak bisa di cas,buat ngecas juga gabisa,lampu indikator juga gak nyala sewaktu di cas , intinya mati total . Kira" yg harus saya cek pertama kali apanya ya om ?

    ReplyDelete
  28. Mau tanya om. Kok pb saya tidak bisa di cas, kira-kira apanya ya om??

    ReplyDelete
  29. Gan, pb sy pas buat cas bntr hidup bntr mati. Selang waktu nya cm bbrp detik aja gan.
    knp tu gan?

    ReplyDelete
  30. Pb saya bisa dicas smp penuh. tapi begitu mau dipakai buat ngecas gak mau masuk.. kira2 apanya ya mas yg rusak?

    ReplyDelete
  31. Gan pb ane gx bisa nge cas ke hp apanya ya kira"gan,
    Tolong di bantu thnx

    ReplyDelete
  32. power bank saya ga mau ngecas kira2 bisa dibenerin ga iah

    ReplyDelete
  33. Om ilham. Saya punya pb kalo di charge normal. Tapi saat saya gunakan untuk charge hp ga bisa ngisi. Kalo sambil di charge pb nya. Senter bisa fungsi dan bisa charge hp. Tapi kalo ga di charge. Pb nya ga ada power untuk ke hp. Sudah saya bongkar saya uji coba batrenya normal saya coba batre pb nya untuk jumper lampu sein motor. Kira2 bisa bantu masalahnya ga om pb saya?
    Makasih om sebelumnya.

    ReplyDelete
  34. Power bank saya 9000mh,, lampu msh bangus, di ces jg bisa sampai full.. tpi walau sdh sampai full isi power bank,, cuma sebentar d pakai langsung hbs.. tolong pencerahan gan.. hehehhe

    ReplyDelete
  35. Powebank saya kapasitas 22800mah
    Kenapa ya lama penauhnya/tidak mau tesrisi penuh,, carger pakai yg 2a
    Makasih

    ReplyDelete
  36. Klo konektornya patah apakah masih bisa di perbaiki ga? Mohon pencerahan

    ReplyDelete
  37. Sedikit solusi...

    Masalah utama powerbank baik itu yang kw atau yang ori sekalipun, hanya 2..
    1 tidak bisa di cas powerbanknya
    2 tidak bisa buat ngecas.
    Setelah pemakaian kurang lebih 3 tahun.

    Solusi:
    Jika tidak bisa di cas PB nya..konektor/rumahnya kendor..hanya perlu sedikit solderan akan kembali normal.

    Silahkan mampir ke aisyahcolectionjk.blogspot.com

    ReplyDelete
  38. Mas mau tanya powerbank saya kan isinya 5 batrai, semuanya sudah saya ganti dengan yang baru, tapi kenapa powerbank saya kalo saya cas gak bisa penuh? Padahal sudah saya cas seharian penuh,
    Makasih

    ReplyDelete
  39. Aku ambil powerbank dicounter
    Trus sampe diluar kok digebukin kenapa ya

    ReplyDelete
  40. Saya beli power bank baru. Tapi kalo buat ngecas hp, baru 5-10 detik udah mati sendiri. Kalo power bank nya di cas, kadang lampunya gak mau berkedip. Kadang berkedip tapi sudah semalaman di cas pun gak mau penuh juga. Itu kira kira apanya yg salah ya? Dan gimana cara memperbaikinya?

    ReplyDelete
  41. Kalo PB SAMSUNG S 88000 MAH..kadang panas atau kadang juga di pake mengecas..lgsg terputus aliran casnya.. apa kendalanya itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bukan pb asli samsung gk ngeluarin pb kapasitas 88000 MAH maksimal 20000 mah

      Delete
  42. BroIlham mau nanya PB kedipkedip saat diisi senter PB normal ..pertanyaan sya, kenapa gamau Charger ke Hp?? Tolong bantu..

    ReplyDelete
  43. Gan PB saya kok ngeluarin suara mendesing gitu,itu kira2 apanya yg rusak gan?

    ReplyDelete
  44. PB saya kok gak bisa ngecas hp, pdahal animasi batrai di hp menunjukan kalau sdang di charge, tpi batrainya gkk terisi sama sekali
    Itu kenapa ya? Tolong dibantu

    ReplyDelete
  45. Gan, pb saya kok gak bisa ngecas hp, pdhal animasi di hp menunjukkan klo sdang charge, tpi batrainya gkk terisi sama sekali
    Itu knpa ya?

    ReplyDelete
  46. gan ane baru bli power bank pas ane cas poer bang nya lampunya gx nyala giliran ane buat ngecas hp gx bisa
    nah trus pas ane cas power bank nya trus ane sambungi ke hp lampunya nyala sama hp ane ngisi
    ya masak power bank nya buat sambunga kabel carge kan ya lucu
    itu gimana betulin nya battre ama pcb nya baek² aja(wajar baru beli)

    ReplyDelete
  47. gan ane baru bli power bank pas ane cas poer bang nya lampunya gx nyala giliran ane buat ngecas hp gx bisa
    nah trus pas ane cas power bank nya trus ane sambungi ke hp lampunya nyala sama hp ane ngisi
    ya masak power bank nya buat sambunga kabel carge kan ya lucu
    itu gimana betulin nya battre ama pcb nya baek² aja(wajar baru beli)

    ReplyDelete
  48. Punyaku lampunya bisa kedip" tpi kok g mau nambah ya batre nya gmana tuh ya

    ReplyDelete
  49. Powerbank saya kabel yg menuju ke batre putus, saya solder lagii, tapi led gamau nyala and ngecas hp tersambung tapi ga ngisi, kenapa tuhh gan? And solusinya gimana?

    ReplyDelete
  50. Maaf bukan nakut2 ti ,Tp Spy waspada , Pernah kejadian PB meledak di Univ Klabat Manado , apa sebab ? Apa Krn Palsu ? Kalau Hp suka meledak kalau sdng diCharge di pakai , atau karena Over charge , Knpa ini ya ? Tks

    ReplyDelete
  51. mau tanya..saya punya power bank vivan L8 yang kapasitas 8000mah...kalo dicas ke listrik..lampu indikatornya tidak mennyala..jadi saya ga tau itu ngisi atau ngga..tapi kalau di cas ke hape bisa...apa ada pwbank yg kalo dicas indikatornya idup setelah penuh aja? makasi

    ReplyDelete
  52. Mas... power bank sya rusak...merek advanc...ngecas power bank ny bisa tapi ngecs ke hp ny rusak

    ReplyDelete
  53. Pb sya kalo di buat ngcas hp kok berbunyi itu knpa ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan Komentar jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan artikel kami, komentar yang anda submit tidak akan langsung muncul karena akan kami moderasi dulu.
silahkan tunggu komentar anda muncul dan balasan dari kami

Popular Posts