Cara Membuat Baterai HP Android Tahan Lama

Sebelumnya saya sudah menulis artikel tentang  Cara Melacak HP Android Yang Hilang 
untuk artikel kali ini saya masih akan membahas tentang Hp berbasis android yaitu Cara Membuat Baterai pada HP Android Tahan lebih Lama 
mungkin hampir semua pengguna smartphone memiliki masalah yang sama yaitu borosnya baterai atau cepat habisnya baterai. hal ini di sebabkan banyak faktor seperti banyaknya aplikasi yang berjalan sampai sambungan koneksi internet. 

untuk mengatasi cepat habisnya baterai pada Android ada beberapa cara , sesuai dengan masalah pada hp android itu sendiri . tapi ada satu cara yang dapat di gunakan oleh semua Smartphone untuk meningkatkan daya tahan baterai android . caranya dengan Kalibrasi baterai.

Untuk melakukan kalibrasi baterai ada dua cara yaitu dengan menggunaka aplikasi atau secara manual.

Cara Pertama Tanpa menggunakan Aplikasi

1. Habiskan Baterai hingga tersisa 1%
2. Lalu matikan hp dan cas hingga Penuh , saya sarankan dilakukan pada malam hari. (lakukan 3 sampai 5 hari)
3. Untuk mengecek apakah baterai sudah terkalibrasi saat baterai sudah penuh cabut charger lalu ditancapkan lagi, jika terdapat notifikasi charging dan bukan baterai full, maka baterai tersebut belum terkalibrasi.
4. Lakukan cara ini lagi selama kurang lebih 6-10 hari sampai terkalibrasi.
cara ini sudah saya coba sendiri dan berhasil

untuk cara kedua yaitu dengan menggunakan Aplikasi

1. Habiskan baterai sampai kurang dari 20%.
2. Setelah itu install aplikasi yang dibutuhkan. untuk aplikasi disini memaskai aplikasiBattery Dr Saver yang bisa anda buka melalui google play.
3. Lalu install aplikasi tersebut sampai selesai
4. setelah selesai  charge hp anda.
5. Tunggu hingga proses pengisian batre hingga 100%.

Catatan : Jangan pindah aplikasi ataupun jangan copot charger hingga pengisian selesai. Jadi biarkan saja aplikasi berjalan dan charger tetap tertancap. Jika proses selesai, akan terdapat notifikasi seperti bawah ini. Lakukan hal ini selama kurang lebih 6-10 hari. Jika dirasa cukup, anda bisa melakukannya sekali dalam sebulan.

beberapa Tips untuk menghemat baterai HP android

1. Jauhkan ponsel anda dari suhu panas berlebihan
2. kurangi kecerahan layar
3. Gunakan power saving mode
4. Matikan Konektivitas
5. tidak usah menggunakan Wallpaper berbentuk flash

Comments

  1. Baru tau bisa di kalibrasi
    nicepost gan

    ReplyDelete
  2. android memang terkenal dengan baterai nya yang cepat habis yaa sob
    thanks tips nya coba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya soalnya banyak aplikasi yang jalan bro

      Delete
  3. kalo saya sih gapernah ngecarge batre selama itu sob..
    cukup liat indikatornya jika sudah pnuh cabut cargernya..
    batre sekarang rata2 sudah mnggunakan teknologi terbaru yaitu Lithium!
    lithium juga bnyk diantaranya Li-Ion (Lithium Ion), Li-Po (Lithium Polymer) dll..
    jadi intinya stiap baterai Lithium tidak perlu dicas slama itu.
    -keep sharing-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke sob makasih masukanya, tapi kan banyak yang android nya blom pale batre Li-on atau Li-Po jadi ini masih berguna untuk hp android yang blom make batre generasi baru

      Delete
  4. jadi lebih asyik ya mas kalau pakai android kalau batren ya bisa tahan lama getu. Bisa dicoba nih tips nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba , jadi ga perlu ngecas terus, masalh nya klo lagi diluar dan ga ada tempat ngecas kan repot jadinya

      Delete
  5. saya coba sob, batre paling maksimal 24 jam malah biasanya 15 jam sdah habis

    ReplyDelete
  6. kalo saya ga pernah pake cara apapun bos, soalnya ga punya android bos, hehehe.........

    tapi artikel ini saya amankan dulu bos, sapa tahu besok2 bisa beli, hehehe.....

    ReplyDelete
  7. smartphone memang rata-rata baterainya boros ya, beda dengan nokia 3315 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk beda jauh bro, lagian aplikasi yang di jalanin di nokia dikit

      Delete
  8. Saya pernah menggunakan Yang Baterai server malah baterai cepet abis mas :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. loh ko gitu mas, pas di uninstall gimana? masih cepet abis?

      Delete
  9. penggunaan wifi yang terlalu sering juga biasanya bikin boros baterai

    ReplyDelete
    Replies
    1. bner bgt bro , mendingan klo lg ga pake wifi, di matiin ajah wifinya

      Delete
  10. Thanks bro
    nambah ilmu niih

    tutorkami.blogspot.com

    ReplyDelete
  11. kalau android nya hanya dipakai untuk smsan dan telpon saja, mungkin bisa awet mas batre nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa iya pasti awet bngt ga perlu pake cara diatas

      Delete
  12. kalu android saya pakek batre gs mas tahan satu hari satu malam wkwkwkw salam sukses

    ReplyDelete
  13. punya ane advan e1b selama ini belum pernah melakukan kalibrasi baterei ....ada yang bilang kalau baterei habis sampai 0 % tablet gak akan bisa dicharger sebelum dipancing terlebih dahulu pakai charger universal...sekarang HH ane gak bisa charger sampai full paling cuma 99% baru dipakai 5 menit sudah berkurang jadi 75 % padahal HH baru 4 bulan,,,,gimana solusinya gan,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalibrasi baterai gan cara paling gampang, coba selama seminggu berturut2 klo memang masih boros juga berarti baterainy memang udah ga kuat, saya saranin blo baru dan jgn lpa di kalibrasi juga

      Delete
  14. ini kenapa ya baterai hp saya (xperia sola) kadang2 indikatornya aneh, terkadang mati mendadak sendiri, kdang penuh sendiri, jadi angkanya ga bener gan.. kayak td pagi sy charge dr 20%-100%, stelah penuh sya pake eh gak smpe 30 menit langsung 0% gan, trus aku nyalakan mlah angkanya jadi 41%, trus ngedrop lagi smpe 15% cuma dlm waktu semenit, kenapa yah gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo di hp saya blom ngalamin gan , tapi klo di laptop sya juga pernah kaya gitu , pas di bawa ke tukang service ternyata baterai laptop memang cacat pabrik jadi harus ganti baru.

      Delete
  15. gan batre li-ion sama li-po bagus yg mana, batre saya cuma tahan 6 jam (andromax U2)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau buat gadget lebih baik li-ion sob ,soalnya daya yang ditampung lebih besar n perawatan juga ga terlalu susah jadi ga gampang rusak juga lebih murah.

      Delete
  16. ya wajar saja kalau smartphone android baterainya boros karena dia bekerja extra dan layarnya lebar / touchscreen (umumnya), HP java pun jika bekerja seperti cara kerjanya android besar kemungkinan baterainya juga boros... (mungkin tapi lho yaaaa)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan mungkin sob, tapi emang penyebab baterai cepet abis ya gara2 bayak aplikasi yang jalan di hp tersebut

      Delete
  17. sangat membantu

    ReplyDelete
  18. Klo lg ngecas mmg sebaiknya hp dimatiin sih, biar cas nya maksimal. Repot mmg hrs bw power bank kmn2 klo batere sdh ga kuat

    ReplyDelete
    Replies
    1. seharusny memng kaya gitu , maksih komennya

      Delete
  19. Emang pengarruh ya gans kalo hp lagi panas batre nya cepet abis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika ponsel terkena suhu panas, ada kemungkinan baterai melemah daya tahannya gan

      Delete
  20. selama 5 hari baterainya di cas tanpa dinyalakan hp nya mas?

    ReplyDelete
  21. batere bertahan 1 hari saja itu sudah bersyukur :) tapi, nanti saya coba deh tips2nya... thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena banyak aplikasi yang jalan sob

      Delete
  22. mas mau tanya kalau Hp saya ngerecarge sendiri padahal gak lagi ngerecarge itu kenapa dan gimana cara mengatasi nya

    ReplyDelete
  23. Kalau saya merawat batrai android dengan cara tidak memainkan game terlalu lama dan segera melepaskan charger HP yang sudah 100%

    ReplyDelete
  24. batrai evercross ku padahal 1650 mah kok Tahan nya cuma 2 jam ajja pdhal baru beli , belum sampai sebulan

    ReplyDelete
  25. Mantap bos....
    Fastlearning4.blogspot.com

    ReplyDelete
  26. Gan kenapa y batre hp ane harua di pancing lo hbs batrenya lo di chasger pasti ga masuk lo ga make chasger manual
    Mohon bantuan nya

    ReplyDelete
  27. bagai mana kalau muncul tulisan begini, ''Batrai terlalu panas dan matikan ponsel'' padahal batrai tidak sama sekali panas,?
    kira-kira apa om??

    ReplyDelete
  28. Gan itu kita charge sampai 5 hari tanpa dilepas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngga gitu juga , cuman tiap malm ajah selama 5 hari

      Delete
  29. Btre gw aneh banget sob, dr 100%-15% cmn kuat 1jm 30mnt tpi dr 15%-1% kuat 1 jm itu knp yah ? Ane pke batre Li-ion blm sbulan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mksudnya gmna si gan? Cuma mlm doang dicas slama 5hari trus paginya bisa kembali dimaenin trus mlmnya kembali dicas lagi, gth mksudnya bukan gan?

      Delete
  30. Mksudnya gmna sigan?tiap mlm doang kita casnya selama 5hari tpi paginya boleh dimaenin hpnya trus mlm kembali dicas lagi gth mksudnya?

    ReplyDelete
  31. Mas, Maaf Numpang Tanya Nih,,
    Hp saya Tab 3
    Padahal Baru Saya Pake 2 Bulan..
    Trus,, Batre Cepet Habis Bgt mas,,
    padahal saya udah Pke aplikasi "Battery Dr Saver"
    Sesuai totorial yang di atas,, mash tetap mas,, kaga ada notifikasi sama sekai..
    batre udh 100%
    baru di pke 5 menit kurang, batre udah 80%
    padahal ane diemin gak gua pke buat apa apa..
    gmna mas solusinya ?

    ReplyDelete
  32. Gan kalo gua cas hp gua tinggal tidur gitu pengaruh daya batrenya nggak gan?

    ReplyDelete
  33. gan maaf mau tanya.. waktu ngecas hp saya gak sengaja ketiduran dan membiarkan hp sayang mengecas selama hampir 6 jam... apa to bisa membuat btrei hp saya hamil... pemakaiannya baru 7 hari dan hp saya andromax c2s.. tolong pencerahnnya.. saya tkut low batrei hp saya hamil..

    ReplyDelete
  34. sama gan hp gua juga gitu, dan tmpt gua mati mendadak gt pdhl baterai msh 90% gitu

    ReplyDelete
  35. sekrang saya pake batrei kusus nokia di hp android saya, ternyta lama tahannya, tapi hp android yg cocok saja y wkwkwkwk coba ajah tapi sayang gangguan dikit di hp androidnya.

    ReplyDelete
  36. dicoba tipsnya gan tpi yakin ne bsa tahan lama.

    ReplyDelete
  37. Keren sob artikelnya, izin nyimak saja
    http://goo.gl/Nb0JSP

    ReplyDelete
  38. Gan memangnya harus selama itu ya ?
    Emangnya bisa ?

    ReplyDelete
  39. terimakasih, lanjut agan, suses terus !
    http://goo.gl/2WYzzb

    ReplyDelete
  40. Nice post gan! Makasih infonya!

    ReplyDelete
  41. mas maksudnya kalibrasi itu apa ya? terus kan ada pernyataan kalau disarankan dicas malam hari, kalau saya tinggal tidur dan di cabut pagi nya,nggak apa"? tolong jawabannya

    ReplyDelete
  42. Artikel yang sangat bagus gan. Jangan segan segan juga mampir ke web saya ya gan www.iniandroid.com

    ReplyDelete
  43. Itu maksud dicharge selama 3hari atau bagaimana?

    ReplyDelete
  44. Matikan paket data anda....jgn diperpanjang lagi...dijamin...😁

    ReplyDelete
  45. Pengen coba...tapi hpnya baru(advan barca 5 hp)
    Gmn menurut kalian...?krena saya masih belum percaya

    ReplyDelete
  46. kalo batrenya udh penuh tapi di charge terus ga bikin kmbung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo hp skarang udah canggih mba lisa , jadi bakal otomatis berenti ,
      tapi klo yang lama, iyah bakaln ngerusak batterai contohnya kembung

      Delete
  47. Baterai hp advan barca S5Q saya cepet habis.setiap hidupin data,baterai berkurang 1 sampai 3 persen...
    Apa saya harus mengubah baterainya?tolong info & sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. pemakain data memang butuh power lebih, tapi klo setiap nyalain seperti itu kemungkinan memang sudah bocor, atau bisa dicoba dlu cara diatas gan

      Delete
  48. Ane kemaren baru ganti Battery nih gan. Battery yang lama udah bocor dan udah kembung juga.
    Apakah Battery yang baru saya beli ini perlu di Kalibrasi?

    ReplyDelete
  49. Bro kamu tau ga penyebab baterai saya cepat habis tapi beda dengan yg lain baterai saya dari 100% langsung 0% (belum lebih dari 1 MENIT!). Tolong dibantu merek android saya adalah advan vandroid t2f

    ReplyDelete
  50. Mksh gan tipsx
    Mga jha btreq bsa than lma klw lg online....

    ReplyDelete
  51. Bang kenapa.batre saya.cepet abis.di cas udh full.pass di cabut chargerny.langsung nurun 99.98
    Cepet banget abis jadinya

    ReplyDelete
  52. Alhamdulillah , bisa diterapkan juga gan , soalnya saya baru thu klw ada cara2 nya ... Izin praktek dan Idzin share diblog saya ya gan . thanks

    ReplyDelete
  53. bisa gak om.klu batre hp habis.trus dipancing ma batre senter

    ReplyDelete
  54. Jadii Ane Cass Hp 3 Sampai 5 Harii Gann??

    ReplyDelete
  55. Klw ngecharger hp dari mlm smpai pagi itu gpp yaa...

    ReplyDelete
  56. Gan hp saya kan tadinya awet bgt... trus abis nge upgrade sistem malah jadi boros.. kenapa yah gan?

    ReplyDelete
  57. nice info gan :)
    perlu juga dihapus2in aplikasi yang boros batrai
    http://www.clicktekno.com/2016/03/aplikasi-yang-membuat-batrai-hp-cepat.html

    ReplyDelete
  58. Gan klo belum terkalibrasi batrenya di cas langsung lg apa ke esokan harinya ngecasnya?

    ReplyDelete
  59. Apakah semua hp android kalau tidak di pakai baterainya mengurang sendiri

    ReplyDelete
  60. lagi enak enak maen coc ,alah habis batre haduhh mntokk

    ReplyDelete
  61. nice post kak efendi, musti diaplikasikan ni ilmmunya,,,,, ths yaa info nya,
    jgn lupa juga mampir di http://www.caraberdietsehat.com/ yaaa

    ReplyDelete
  62. ano, nge casnya itu kan waktu malam saja. Nah, pas siangnya itu boleh dihidupkan atau dimatikan saja?

    ReplyDelete
  63. Kali batrenya cpt abis hpnya d reset factory aj lur hpku jg gitu(Xiaomi resmi note 2)

    ReplyDelete
  64. bro punya saya kok padahal layarnya mati (bukan di turn off) tapi suka berkurang sedikit demi sedikit, nah itu normal gk, ato batrenya ada apa apa?? Posisi hp huawei gr3

    ReplyDelete
  65. bro punya saya kok walaupun hp nya gk di mainin tapi suka ke kurang sedikit demi sedikit, nah itu knapa bro, normal kah?? Posisi huawei gr3

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan Komentar jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan artikel kami, komentar yang anda submit tidak akan langsung muncul karena akan kami moderasi dulu.
silahkan tunggu komentar anda muncul dan balasan dari kami

Popular Posts