Cara Melacak HP Android Yang Hilang

Baru-baru ini saya mengalami pengalaman yang buruk yaitu kehilangan Hp android. untuk mencegah kesalahan yang sama ada baiknya anda mengikuti cara berikut agar dapat melacak atau menemukan lokasi hp android anda yang hilang. 

Semua smartphone Android pasti sudah terinstall Google play di
dalamnya.. ketika anda pertama kali menggunakan google play di hp atau tablet, google akan menginstall android device manager pada smartphone tanpa sepengetahuan anda. untuk dapat menggunakan semua fiturnya kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu.


Cara mengaktifkan Android Device Manager
berikut caranya:

- Masuk ke bagian Setting

- lalu pilih Security/ Keamanan

- lalu pilih Device Administrator / administrasi perangkat

- di sini anda akan melihat beberapa aplikasi , klik pada Android device manager / pengelola perangkat android

- terakhir klik activate / aktifkan.
selesai


Setelah anda mengaktifkannya maka kita dapat mengetahui lokasi hp yang hilang atau di curi , caranya dengan membuka browser di PC / laptop anda lalu ikuti langkah-langkah berikut untuk menemukan hp android yang hilang

1. kunjungi Google Play dengan klik link ini  

2. selanjutnya anda akan melihat gambar gear atau icon setting di pojok kanan atas


3. klik dan pilih android device manager / pengelola perangkat android
4. sekali anda klik android device manager pada browser , maka akan otomatis terhubung dengan Smartphone anda. 
5. setelah android device manager menemukan posisi smartphone , anda akan dapat melihat lokasinya pada google maps dan jarak antara anda dengan Hp Android anda.


sekarang anda memiliki 3 pilihan untuk :

1. Ring the device 
Pilihan ini akan membuat hp anda bunyi selama 5 menit sekalipun hp anda dalam keadaan silent.

2. lock the device
fitur ini berguna untuk mengunci hp android anda 

3. Erase all Data
dengan menggunakan fitur ini maka semua data yang ada di hp android anda akan hilang termasuk gambar, music dan file lainnya.



android device manager ini sangat berguna sekali dan saya sarankan untuk anda yang menggunakan smartphone android untuk menggunakannya. 

note :
HP dapat dilacak walaupun GPS dalam keadaan tidak aktif , namun harus dalam keadaan terkoneksi ke internet.

Comments

  1. wahh baruu tahu saya kang,thanks atas infox.. salam knl..

    www.sahabatkudhen.com - Dunia internet gratisan
    www.apkprime.com - Dunia seputar android

    ReplyDelete
  2. wah jadi android kita lebih aman yaa sob
    thanks sob, :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sob jadi klo ilang bisa langsung di lacak

      Delete
  3. tips yang sangat bermanfaat bos, bisa saya terapkan kalo sudah beli andeoid bos, hehehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap bos , jgn lupa langsung dipraktekin gan pas udah beli haha

      Delete
  4. Hp hilang aj bsa dilacak, apalgi yg untuk kseharian. .bisa dilarak orang dong. Nice inpoh gan. .

    ReplyDelete
  5. Sip gan, berguna banget nih. kapan-kapan ane coba deh

    ReplyDelete
  6. langsung dipraktekin mas, buat jaga-jaga...

    ReplyDelete
  7. punya sy cross A5 tidak bisa bang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa sob , kan os nya Android jadi Hp merk apapun asal berbasis android bisa pake cara di atas

      Delete
    2. saya ko lokasi tidak tersedia

      Delete
    3. saya ko lokasi tidak tersedia

      Delete
  8. Terima Kasih Tips nya,, Saya pun Punya Smartphone Android, cuma jarang otak atik, apalagi cara melacak jika terjadi kehilangan,, Saya Coba Gan Yah!

    ReplyDelete
  9. artikel cara nemuin smartphone yang hilang ini jadi referensi penting jika kelak punya Hp smartphone kemudian meghilang dari pangkuan...pasti bakalan dipraktekin ilmu dari sini ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya jangan lupa ya gan di aktifin , penting banget soalnya

      Delete
  10. Tipsnya sangat bermanfaat. Sudah pernah ada yang coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kan udah saya tulis awal2 gan , hp ane ilang jadi nulis artikel ini , supaya orang lain juga bisa antisipasi klo kehilangan hp andoid. hp ane yang ilang galaxi mini2

      Delete
  11. klu hp androidnya di reset ulang sama pelaku sebelum di lacak gmna bro,,, ?
    apa masih bisa di lacak pke no imei atau yang lainya?/

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo di reset ulang udah ga bisa pake cara ini gan,
      untuk saat ini saya baru tau cara ini doang , untuk cara yang lainnya saya belum dapet gan

      Delete
  12. hape saya hilang kemaren

    C1905
    Location unavailable
    Last used March 19, 2014

    ini artinya masih aktif ga bos?? mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah ngga kayanya bos , klo masih aktif bakal ngasih tau tempat kaya gini

      Last located at 2:49 PM
      Ciomas Rahayu, Ciomas, Bogor, West Java, Indonesia - Accurate to 1,513 meters
      Last used March 20, 2014

      harusnya pas ilang langsung di track sob, tapi coba ajah track lagi , mungkin lagi di matiin hpnya

      Delete
  13. Gan aplikasinya kok gak klr ya di google play store..kalo boleh tau nama aplikasinya apa ya gan..? Saya coba klik tapi kok ke home screennya play store ya gan..?
    Mohon saran gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga usah install gan , ini udah ke install sendiri secara otomatis , agan tinggal masuk ajah ke bagian setting

      Delete
    2. nama aplikasinya Android Device Manager

      Delete
    3. iya , Android device manager

      Delete
  14. kalo hpnya mati atau tidak ada koneksi internet kaya mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo hpnya di silent saat di klik menu ring bakalan bunyi sob, tapi saratnya hp harus ada koneksi internet sama yg pastinya masih nyala

      Delete
  15. mas mau tanya,,pas pertama hilang nama perangkat saya ada satu,,tp ketika saya cek lagi kok malah ada perangkat yang lain lagi ya.. padahal saya g pernah login di hape yang lain.. mohon balasnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya , kayanya ada yang make akun agan Yusa, klo bisa ganti password akun agan. buat jaga2 takut kena hack

      Delete
  16. Mas, mau nanya, hape saya kan hilangnya sore ya, nah setelah itu dicek oleh teman saya dengan cara ditelepon dan menggunakan android device manager, hasilnya ketika ditelepon, nada dering masih tersambung tapi tidak diangkat sedangkan dengan mengunakan android device manager lokasinya diketemukan. Tapi sayangnya hapenya masih belum ketemu. Nah, malamnya ketika saya coba lagi kedua cara di atas, ketika ditelepon nada dering masih bunyi, namun lokasinya tidak diketemukan menggunakan android device manager. Nah itu kenapa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk mencari lokasi hp pake android device manager , hp harus dalam kedaan terkoneksi dengan internet, kemungkinan hp agan hari masih nyala tapi koneksi internetnya mati, ini juga kekurangan android device manager

      Delete
    2. kalo gps nya gak aktif gmn broo? msih bisa dlacak gak?

      Delete
    3. bisa asal koneksi ke internet nyala sob

      Delete
  17. mantab,
    www.kinozuke.blogspot.com

    ReplyDelete
  18. maaf gan, klo misalkan handphone saya dalam keadaan mati masih bisa ketahuan gak?
    thanks gan sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dia gan kekurangan dari aplikasi untuk melacak hp yang hilang kebanyakan harus koneksi internet atau gps nya nyala, untuk saat ini saya masih belum tau aplikasi yang bisa ngelacak tanpa ada koneksi atau dengan kondisi hp mati

      Delete
    2. huhuh :( gmaneh yeh gan hp mati :'(....
      tlong di criin gan cara'a...

      Delete
    3. Coba pake aplikasi where's my droid sob , itu pake sms, d search ajah di google

      Delete
  19. om punya aku blm di aktifin om gimana ini hh nya barusan ilang omm

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo untuk ringing, lock ama erase bisa sob tapi untuk lacak lokasinya harus di aktifin dlu. kebanyakan harus di install dlu aplikasiny

      Delete
  20. informasinya sangat bermanfaat bang. terima kasih.

    Titip link ya..
    tips dan trik andrid

    ReplyDelete
  21. bisa gak kak, kalo dilacak tapi gps nya kagak aktif??

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo pake android device manger bisa , asal hp konek ke internet

      Delete
  22. kok bacaan nya tidak perangkat yang aktif

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ga ada koneksi internet biasanya gitu sob, jadi harus konek ke internet hp nya

      Delete
  23. bikin sakit kepala..hp saya galaxy note brsn kemarin hilang..dan sulit jg terlacak krn si pencurinya pasti g bs buka krn pakai pasword..tetapi umumnya mereka jual ke counter second dan d reset ulang softwarenya..jd mustahil terdeteksi kembali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah turut berduka gan , rasanya emang sakit banget, masalhny data yang ada di hpny yang paling penting. saran saya kalau udah beli yang baru langsung install android device manger atau aplikais lain yang bisa melacak keberdaan hp.

      Delete
  24. gan.. hp ane kan mati.. msih bisa d lacak ga tu.. ?? mohon pencarahannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu dia gan ane juga masih nyari gimana caranya , kebanyakan pake aplikasi , jadi hp harus dalam keadaan nyala

      Delete
    2. waduh gan hape saya ini sudah terlanjur hilang . saya juga lupa sudah saya setting apa engga . jadi solusinya ginama aa gan ??

      Delete
  25. mas, kalo hpnya masih aktif tapi manager devicenya lupa udah diaktifin atau belum gimana?
    saya coba lacak location unavailable.
    last log innya tp 26 juli 2014
    koneksi internet terhubung juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ringing, lock sama erase masih bisa di gunakan mba walaupun blum di aktifin. tapi kalau masaalh lokasi harus diaktihkan dlu. untuk sekarang mungkin bisa di lock dan di erase dlu

      Delete
  26. terima kasih mas, ini sdg saya coba.Mudah2an berhasil menghapus datanya. Dan mudah2an hpnya masih nyala. Memang lama ya mas untuk menghapus datanya? Soalnya lama loadingnya..
    Terima kasih banyak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah sama2 mba, semoga bisa sedikit membantu, trut berduka atas hp nya yang hilang

      Delete
  27. mas, saya sudah coba hapus dan lock, tetapi apakah bila datanya sudah terhapus akan ada notifikasi pemberitahuannya?
    karena setelah lama loading, tidak ada konfirmasi sudah terhapus atau belum.
    maaf merepotkan..
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk notifikasi saya juga belum pernah nyoba , karena pas ilang waktu itu ga sempet hapus gara2 hp udah ga aktif

      Delete
  28. mas kok lokasinya tidak di temukan ya

    ReplyDelete
  29. gan .. kemungkinan kalo hp nya mati kaga bisa dilacak ye ? soalnya hp gw mati sama gps dan datanya mati semua . dan ane nyoba download yang
    FREE Lost Phone Tracker -PlanB
    Lookout Mobile Security . karena hp gw matikan ga bisa mengunduh gwe binggung nih antara hilang atau di curi sama orang .. dan gw lihat di pengelola perangkat Lokasi tidak tersedia
    Andromax-C
    Terakhir online 31 Agustus 2014
    dan hp gw sudah gw kasih pin yang sangat sulit di tebak pula bro -.- masa orang cepet tahu nya ..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. susah banget gan , klo keadaan udah mati, ane udah nyari caranya tapi blom ketemu2. masih nyari sampe sekarang klo ketemu caranya ane langsung kabrin

      Delete
  30. mas pas mau nge hapus sm nge lock data kok ada pemberitahuan kayak gini ya " Kirim pemberitahuan penyiapan?
    Untuk menggunakan opsi penguncian atau penghapusan, Anda perlu mengaktifkannya pada perangkat yang dipilih. Kirim pemberitahuan untuk memulai pada perangkat." jadi itu maksudnya gimana ya?

    ReplyDelete
  31. mas HP saya dicuri dan sudah pakai Android Device dari PC untuk lacak keberadaan hp saya tapi,disitu tertulis 'Lokasi tidak tersedia' itu kenapa ya mas?? dan kalau HP saya yang dicuri dimatikan oleh pencurinya atau di reset ,masih bisa dilacak gak mas?

    *saya sudah meng-Lock hp saya dengan password rumit, apakah itu benar-benar mengunci hp dan siapapun tidak bisa memakainya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah mas itu ga bisa dibuka tanpa password, klo mau lebih aman lagi di hapus ajah isinya

      Delete
  32. kalau kartu sim diganti, apakah aplikasi ini tetap berjalan ?
    terima kasih
    hp gw baru hilang ini

    ReplyDelete
  33. hp samsung note ll hilang 4 hari lalu apa msh bisa dilacak bos??

    ReplyDelete
  34. gan jika hal itu blum di lakukan
    masih bsa g di lacak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk ringing, lock sama erase masih bisa di gunakan sob walaupun blum di aktifin. tapi kalau masaalh lokasi harus diaktihkan dlu. untuk sekarang mungkin bisa di lock dan di erase dlu atau coba ringing dulu kalau cuman lupa naro di mana

      Delete
  35. gan, punyaku gak bisa dilacak,
    tulisannya kaya gini Your device's location access is turned off
    padahal gps udh diidupin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah di klik activate di android device manager?

      Delete
  36. gps sama data nya gk aktif msh bisa ktemu gk gan ??

    minta tips nya dong

    ReplyDelete
  37. terima kasih ilmunya boss.....

    ReplyDelete
  38. Location unavailable
    Last online November 9, 2014
    kalau sudaah bengini adakah alternatif lain gan.. :(

    ReplyDelete
  39. gmna neh mas, ktiga aplikasinya dh gag ada di android sya?

    ReplyDelete
  40. kalo hpnya dilacak pakai nomor IMEI bisa nggak? HPku mati soalnya. kmren barusan hilang :'(

    ReplyDelete
  41. min tolong kasih tw caranya
    hp andoroid samsung hilang tipe GT-S360
    Gmail ini yang saya pake untuk akses ke Hp.k
    jadi, Saat Melacak Hpku pake Pengolahan Perangkat Android masih bisa saya lacak, tapi ofline jadi tidak bisa menemukan lokasi
    Saat beberapa hari Perangkat Device tidak terbaca, mungkin emailku dah dihapus.
    jadi bagaimana cara untuk mengembalikan email yang konek pada perangkat android, tolong yah....... :'(

    ReplyDelete
  42. gan koq pnya sya malah lokasi tdk tersdia tolong bantu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hp nya android bukan? kalo bukan ga bisa

      Delete
  43. Min, sebelumnya thanks buat aplikasinya, bagus bgt!!
    tapi gini min, kmrn saking paniknya, aku ubah password gmailku pakai hp kakakku, skrg tiap aku search pake aplikasi ini yg kedeteksi jd id hp kakakku, bukan hpku. Gimana ya min biar bisa deteksi hpku? Mohon sekali untuk dibantu. Thanks, min..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang di hp kakaknya disignout aja. terus login di hp mu. semoga beruntung :D

      Delete
  44. Kalo hapenya mati tetap bisa dilacak ya min? Website Gratis

    ReplyDelete
    Replies
    1. lokasi yang terakhir sebelum hpnya mati bos

      Delete
  45. Gan, udah dicoba, trus dibuat disitu, lokasi tidak tersedia, gimana dong gan?

    ReplyDelete
  46. gan kalau misalnya mau hapus data2 sarat nya tetep harus konek internet atau langsung tinggal hapus aja? makasih gan

    ReplyDelete
  47. Gan kaga ada pilihan gear atau setting di gogle play jadi android servis manager kg bisa dipilih.

    ReplyDelete
  48. bos, kalo isinya seperti ini gmn bos...?

    Online
    Akses lokasi Pengelola Perangkat Android dinonaktifkan.
    Terakhir online 13 Juli 2015

    kira2 mksd nya apa bos...? msh bisa ditemukan hp saya bos..?

    ReplyDelete
  49. Online
    Akses lokasi Pengelola Perangkat Android dinonaktifkan.
    Terakhir online 14 Juli 2015

    kira2 mksd nya apa bos...? msh bisa ditemukan hp saya bos..?

    ReplyDelete
  50. thanx banget infonya... sudah aq buktikan sendirii
    hp ilang, n lokasi orang yang ambilpun ketahuan.......
    thanxs sekali lagi

    ReplyDelete
  51. mas, mau tanya, apakah jika lokasi tidak tersedia dapat disebabkan email google nya udah diganti sama orang lain? atau hanya karena hh nya mati?

    ReplyDelete
  52. min klu lokasi tidak tersedia terakhir online 3 Oktober 2015,,hilang 8 oktober 2015...msk k google maps muncul lokasi itu akurat gk yah min lokasi yg d cari ??

    ReplyDelete
  53. Hp saya hilang xiomi redmi 2,udh melakukan cara itu,tp lokasi tidak ditemukan knp ya,ksh tw dong biar bsa terdeteksi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya turut perihatin hpnya juga hilang, tapi klo sudah tidak ditemukan kemungkinan hp sedang tidak terkoneksi internet, karna syarat agar hp di ketahui tempatnya ahrus ada koneksi

      Delete
  54. gan hp saya hilang dalam keadaan mati dan saya kepencet erase all data pas di android device manager
    tolong gan solusinya

    ReplyDelete
  55. gan kalo hp nya udah di factory reset gimana ?\

    ReplyDelete
  56. gan di hp saya gak ada "android device manager"

    ReplyDelete
  57. Saya baru kehilangan HP untung nemu ginian. Tapi ada tulisan Lokasi tidak tersedia. Terakhir online tgl 15 Juli 2016.
    Kalo HP di reset ulang sama pencurinya apa aplikasi ini masih bisa membantu temuin lokasinya? Thx

    ReplyDelete

Post a Comment

Silahkan Komentar jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan artikel kami, komentar yang anda submit tidak akan langsung muncul karena akan kami moderasi dulu.
silahkan tunggu komentar anda muncul dan balasan dari kami

Popular Posts